Pages

Jumat, 07 Oktober 2016

Tugas Dan Tulisan 1 Pengantar Bisnis Informatika

Pengantar Bisnis Informatika

Tugas 1

Nama : Raga Dimas Pradipta
Npm  : 57413141
Kelas : 4IA12

  • Definisi Umum

  1. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat diartikan sebagai payung besar teknologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Dalam pengertian yang sempitdapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang di gunakan untuk kemudian aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras dan lain-lain.
  3. Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

  • Jenis Bisnis Informatika

1.      Jenis Bisnis Informatika yang dipilih yaitu E-Commerce. E-Commerce yang saya pilih yaitu Jakartanotebook, Jakartanotebook adalah e-commerce online marketplace yang bertujuan memberdayakan usaha kecil Indonesia dengan menjual produk-produk khusus alat-alat elektronik atau yang sering kita kenal gadget secara online.

    JakartaNotebook.com merupakan salah satu perusahaan Online Store Terbesar yang berdiri sejak tahun 1999 dan telah melayani pembelian secara online sejak 8 Januari 2003 hingga saat ini. Kami bergerak dalam bidang penjualan barang-barang kebutuhan IT seperti :
  • Notebook, Netbook, Ultrabook serta Sparepart dan Aksesorisnya
  • USB Flashdisk, Harddisk External & Internal, External Optical Drive, Original Software
  • HD Media Player, Produk Apple, Tablet PC, Tablet Android & Windows serta Sparepart dan Aksesorisnya
  • Action Camera, Tripod, Monopod, Tongsis, Lensa dan Aksesoris Fotografi Lainnya
  • Modem 3G, Modem 4G, Router, MiFi, Powerbank, Kartu Perdana GSM
  • Produk-Produk IT dan Gadget Lainnya Lengkap dan Murah

Jakartanotebook telah melayani 627,522 pelanggan hingga ke pelosok-pelosok daerah dan kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia. Hingga kini JakartaNotebook.com telah menjadi salah satu pilihan utama belanja online favorit bagi para penduduk di Indonesia.

          Kelebihan:
  • Banyak variasi pilihan merk dan harga secara detail
  • Tampilan menarik untuk dilihat
  • Cara pemesanan mudah
  • Fasilitas pelacakan barang anda.
  • Pembayaran yang dapat dilakukan dengan mudah.
          Kekurangan:
  • Terkadang ada stock barang yang kosong namun tidak diberitahu kepada pelanggan.

  • Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia

Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.

Pada era tahun 1970 sampai 80an orang orang yang bergerak di bisnis informatika hanya menjual hardware komputer dan software yang sangat terbatas seperti komputer yang hanya digunakan pada alat hitung dan membutuh kan hardware yang berukuran sangat besar,tetapi seiring dengan perkembangan zaman bisnis di bidang informatika tidak hanya mencakup itu saja,sekarang ini sudah sangat banyak bisnis yang bergerak dibidang informatika seperti aplikasi database,internet,game online,jual beli online,situs jejaring sosial dan lain lain.

Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.

Selain karena faktor pengguna, faktor lain yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor modal. berbisnis di bidang informatika dirasa tidak terlalu membutuhkan banyak modal. E-commerce dan software house adalah bisnis di bidang informatika yang dipilih karena faktor tersebut. cukup dengan membuat sebuah situs web yang mampu menarik perhatian konsumen, networking ( sosialisasi ) yang bagus, tentunya dengan otak yang memadai, dengan sendirinya konsumen akan berdatangan dan keuntungan pun didapat.

Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.

  • Tulisan
Perkembangan teknologi pada saat ini semakin meningkat hal ini berdampak pada persaingan usaha dalam bidang restaurant atau cafe. Usaha restaurant atau cafe adalah usaha yang cukup menjanjikan dan siapapun dapat menjalankan usaha ini. Agar usaha ini tetap berkelangsungan dan dapat berkembang, usaha ini harus melakukan segmentasi pasar dan mempunyai nilai tambah tersendiri dalam pelayanannya. Karena masing-masing segmen bisnis restaurant atau cafe punya pelanggannya sendiri-sendiri dan tentunya semakin tinggi segmen yang dibidik. Pelayanan yang lebih baik sangat dibutuhkan untuk menjaga konsisten para pelanggan terhadap usaha ini.
Masalah yang timbul ketika konsumen bosan dengan promosi yang hanya melalui brosur dan berita acara. Konsumen lebih memilih melihat promosi sebuah cafe melalui website. Disini cafe One Step Closer dari sekian banyak usaha cafe yang sedang berjalan mempromosikan cafenya malalui sebuah website. Mempromosikan sebuah restaurant atau cafe melalui website adalah salah satu promosi yang tepat untuk lebih banyak menarik pembeli.
Berdasarkan keterangan di atas, penulis mencoba untuk membuat suatu website berbasis PHP dan MySql yang berisi promosi dan jasa pesan antar. Pada aplikasi website ini dapat mempermudah konsumen dalam  hal, konsumen tidak perlu datang langsung untuk melakukan transaksi. Konsumen dapat menggunakan fasilitas website untuk melihat daftar menu serta harga. Pada aplikasi website ini juga menyediakan kritik dan saran yang membangun bagi restaurant untuk semakin memperbaiki layanan bagi para konsumennya.

Daftar Pustaka
https://www.jakartanotebook.com/about
http://www.pengertianku.net/2014/10/mengenal-pengertian-tik-atau-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
http://bisnissecaraumum.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-bisnis-bisnis-suatu.html
http://ardianfikri.blogspot.co.id/2014/10/definisi-umum-bisnis-informatika.html

2 komentar: