Pages

Selasa, 23 Juni 2015

Analisa Web

   Analisa menurut kamus bahasa Indonesia berarti penyelidikan terhadap suatu peristiwa (Karangan atau Perbuatan) untuk mengetahui keadaan sebenarnya (baik sebab maupun duduk perkara). Dalam hal ini analisa saya yang saya lakukan adalah menganalisa beberapa website (Website Pendidikan, Pemerintah dan juga Sosial Media). Pengujian yang kami lakukan adalah pengujian kualitatif dan kuantitatif dan berikut adalah analisa website dibawah ini:

1. Website Pendidikan (Lynda.com)




   lynda.com adalah perusahaan pendidikan online swasta yang menawarkan ribuan program video dalam keterampilan perangkat lunak, kreatif, dan bisnis. Didirikan pada tahun 1995, Perusahaan memproduksi video tutorial diajarkan oleh para ahli industri. Anggota memiliki akses tak terbatas untuk menonton video, yang terutama pendidikan.

   Pada tanggal 9 April 2015, LinkedIn mengumumkan pembelian dari lynda.com sebesar $ 1,5 miliar. Berbasis di Carpinteria, California, lynda.com memiliki lebih dari 500 karyawan di seluruh dunia, dan menawarkan instruksi dalam bahasa Jerman, Perancis, dan Spanyol melalui merek divisi, video2brain.

Beberapa data kuantitatif:

· Gmetrix 

· WebPageTest
· Alexa Rank
· Google Search

Data kualitaf yang di analisa:

· Situs Lynda.com memiliki berbagai fitur interaktif
· Terdapat fitur comment dimana kita bisa menanyakan dengan apa yang di sajikan misalnya comment untuk video
· Fiture Pay yang di gunakan untuk membeli akun untuk dapat melihat seluruh tutorial yang ada pada Lynda.com


2. Website Pemerintahan (Dephub.go.id)



   Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (disingkat Kemenhub RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan transportasi. Kemenhub dipimpin oleh seorang Menteri Perhubungan (Menhub) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Ignasius Jonan.

Beberapa data kuantitatif:

· Gmetrix

· WebPageTest

· Web Archieve

· Alexa Rank

· Google Search

Beberapa data kualitatif:

· Kementrian Perhubungan Republik Indonesia memiliki fitur interaktif terkait artikel-artikel mengenai perkembangan transportasi
· Terdapat berbagai macam foto dan video kegiatan di dalam kementrian Perhubungan Republik Indonesia
· Terdapat berita tentang perhubungan transportasi


3. Website Media Sosial (Instagram)


   Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

   Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru, dan telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.

   Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.

Beberapa data Kuantitatif:

· Gmetrix

· WebPageTest

· Web Archieve

· Alexa Rank

· Google Search

Beberapa data kualitatif:

· Situs Instagram mempunyai fitur untuk membantu penggunannya melakukan komunikasi lewat comment.
· Dalam halaman Home dapat melihat timeline dan dapat melihat teman teman kita yang memposting sesuatu.
· Dalam setiap foto atau video yang di post kita dapat Love post atau video tersebut dan dapat menuliskan comment.
· Dalam laman notifikasi kita dapat melihat siapa yang mengfollow kita dan siapa yang Love postingan kita
· Dalam laman Search kita dapat mencari seseorang menggunakan ID atau pun username seseorang
· Pada Laman Setting kita dapat mengatur segalanya seperti pengaturan password,email dan private profile


Tool yang digunakan untuk ini:

· Gmetrikx : Adalah website yang menampilkan output berupa hasil benchmark website yang akan dituju. Dan juga membantu developer untuk mengefisiensi website mereka. Beralamat di www.Gmetrix.com
· WebPageTest : Website yang digunakan untuk menghitung kecepatan website yang ingin di analisa. WebPageTest juga memberikan rincian content yang terdapat di website yang akan dianalisa berkaitan dengan banyaknya presentase gambar file html, jss, dsb yang berkaitan dengan website yang dianalisa.
· Web Archieve : Website yang dipergunakan untuk melihat archive dari sebuah website, berkaitan dengan konten (Artikel) yang terdapat pada website analisa.
· Alexa Rank : Website terpercaya yang digunakkan untuk melihat peringkat sebuah website di internet. Dilihat dari banyaknya ang mengunjungi website tersebut.
· Google Search : Website yang dipergunakkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan keyword (data berupa tulisan) yang dimasukkan oleh user.




NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

1. ARIEF NUGRAHA
2. ADHAM BACHTIAR YP
3. RAGA DIMAS PRADIPTA


SUMBER:

www.lynda.com
www.dephub.go.id
www.instagram.com
www.alexa.com
www.gmetrix.com
www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar